Penerapan Teknik Morphing Ekspresi Wajah Pada Pembuatan Film Animasi 3d Tentang Iklan Layanan Masyarakat


Jurnal Teknik Informatika Volume 04 Nomor 01 Maret 2011 ISSN : 1907 – 9834

Adi Heru Utomo, Veramita Rutvani

Politeknik Negeri Jember

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi terutama teknologi multimedia dewasa ini telah berkembang semakin pesat sehingga membuat kehidupan manusia sekarang ini menjadi sedemikian mudah dan menyenangkan. Salah satu perkembangan teknologi tersebut adalah penggunaan teknologi multimedia dalam dunia pembuatan film. Terdapat beberapa jenis film yang sering diproduksi, mulai dari film yang ditokohkan atau diperankan oleh manusia, hingga film kartun yang diperankan oleh tokoh-tokoh berupa karakter yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai sifat dan tingkah laku seperti manusia.

Film animasi merupakan salah satu jenis film yang masih banyak dibuat dan diproduksi hingga sekarang. Pembuatan film animasi awal mulanya hanya diproduksi secara manual yaitu dengan cara menggambar manual di atas kertas frame-perframe yang membutuhkan waktu yang sangat lama, dan kemudian dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak film-film animasi diproduksi secara digital yang dapat mempersingkat produksi lebih cepat.

Dalam pembuatan film animasi 3D khususnya untuk pembuatan ekspresi wajah, terdapat teknik untuk menyelesaikan produksinya secara mudah, yaitu dengan menggunakan teknik morphing ekspresi. Teknik ekspresi morpher adalah teknik yang dapat mentransisikan dari ekspresi satu ke ekspresi yang lainnya secara halus.

Pada penelitian ini dibuat film animasi 3D Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tentang anti korupsi ini dibuat agar lebih menarik serta komunikatif untuk semua kalangan dengan durasi 60 detik. Iklan ini dibuat menggunakan software 3D Studio Max 9.

Metode pembuatan film animasi 3D ILM ini meliputi langkah-langkah analisis, desain, dan implementasi. Tahap analisis merupakan tahap untuk menentukan konsep dan ide cerita dari iklan yang akan dibuat. Tahap desain meliputi pembuatan sinopsis, treatment, outline scene/scene plot, storyboard, stock shoot , dan skenario.

Hasil dari penelitian ini adalah hasil sebuah film animasi 3D ILM tentang anti korupsi yang dibuat dengan menggunakan 3D Studio Max 9 dengan penerapan teknik morphing ekspresi dan dilakukan editing menggunakan Sony Vegas Pro 8 dan dirender dengan format mpeg.

Kata kunci: iklan layanan masyarakat, korupsi, animasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s