Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Guru Dengan Metode TOPSIS


Jurnal Teknik Informatika Volume 04 Nomor 01 Maret 2011 ISSN : 1907 – 9834

Bayu Setyawan

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik – Universitas 45 Surabaya

Bay_setyawan@yahoo.com


ABSTRAK

 

Selama ini proses rekrutmen guru yang dilakukan oleh sekolah-sekolah, khususnya sekolah-sekolah swasta, secara umum dilakukan secara manual, namun saat ini dengan banyaknya jumlah pendaftar yang harus diseleksi, dan banyaknya kriteria yang harus dinilai/dibandingkan, sistem perekrutan secara manual menjadi tidak efektif dan tidak efisien lagi untuk digunakan, sehingga demi efisiensi dan efektifitas proses rekrutmen tersebut maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer.

Metode komputasi yang digunakan dalam membangun sistem pendukung keputusan ini adalah metode Technique for Order Preferance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Adapun  kriteria yang digunakan untuk rekrutmen guru, adalah sebagai berikut: Agama/akhlaq, Kesesuaian ilmu/keahlian, Indeks prestasi, Pendidikan terakhir, dan Pengalaman kerja (mengajar). Sedangkan untuk membangun perangkat lunak sistem pendukung keputusan rekrutmen guru ini mengunakan metode/model proses SDLC (System Development Life Cycle).

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan untuk menghitung, membandingkan dan merangking nilai dari masing-masing pelamar, sehingga bisa dipilih guru berdasarkan urutan rangking tersebut.

Kata kunci : Sistem pendukung keputusan, Rekrutmen, TOPSIS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s