Rancang Bangun Pendeteksian Keshahihan Hadits Sebagai Sebuah Information Retrieval Pada Kitab-Kitab Hadits


Jurnal Teknik Informatika Volume 05 Nomor 01 Februari 2012 ISSN : 1907 – 9834

Abdul Karim

Jurusan Teknik Informatika – STT Nurul Jadid Paiton

karim_stt@yahoo.co.id

Abstrak:

Hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Quran. Al-Quran merupakan undang-undang yang memuat pokok-pokok dan kaidah-kaidah mendasar bagi Islam, yang mencakup bidang akidah, ibadah, akhlaq, muamalah, dan adab sopan santun. Hadits merupakan penjelasan teoritis dan praktis bagi Al-Quran. Hadits yang seharusnya dijadikan hujjah (pegangan) adalah hadits yang dapat diyakini kebenarannya bahwa hadits tersebut adalah hadits shahih. Penelitian ini merancang sebuah software yang dapat dijadikan alternatif untuk mencari atau menentukan status sebuah hadits.

Konsep yang ditawarkan adalah menggunakan dua model penelusuran yaitu gabungan dari Database Management System (DBMS) dan Information Retrieval System (IRS). Integrasi antara basis data dengan information retrieval dapat digunakan untuk menentukan keshahihan sebuah hadits. Kelebihan dari Software ini adalah user  akan diberi saran acuan penilaian terhadap suatu hadits apakah hadits tersebut shahih atau tidak (suggested summary), berdasarkan Ulama’ siapa,   dengan disertai alasan yang bisa ditelusuri berdasarkan kaidah-kaidah dalam ilmu hadits. Penerapan Information Retrieval System (IRS) dalam penelitian adalah penggunaaan metode Vector Space Model untuk menganalisis status pearawi hadits yang menriwayatkan hadits yang ditampilkan. Penilaian terhadap hasil ujicoba ini menggunakan pengukuran presisi (ketepatan). Pengukuran presisi dipilih karena hal yang dicari adalah ketepatan kata demi kata antara input dengan output. Tiap-tiap satuan ujicoba dinilai presisinya. Penilaian presisi didapatkan dari jumlah output yang benar dibagi keseluruhan jumlah output yang diharapkan.

Dari hasil uji coba untuk analisis hadits untuk kategori kitab langsung dari 20 kali inputan kalimat potongan hadits didapatkan 18 inputan benar dan 2 yang salah. Sehingga didapati nilai presisinya (20-18)/20=0,9. Sedangkan pada pengujian untuk status perawi dengan menggunakan Vector Space Model dari 4 kali pengujian didapati presisinya (4-3)/4=3/4=0,75.

Kata kunci: Information Retrieval System, Vector Space Model, Database Management System

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s