Penerapan Teknologi Augmneted Reality Untuk Pengenalan Hewan


PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMNETED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN

 Nurul Zainal Fanani, Moh Zidki Efendi

Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember

blue_difa@yahoo.com

 

ABSTRAK

 Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan obyek-obyek maya yang ada dan dihasilkan (generated) oleh komputer dengan benda-benda yang ada di dunia nyata sekitar kita, dan dalam waktu yang nyata.Seiring berjalannya waktu, Augmented Reality berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan pengembangan aplikasi ini di berbagai bidang seperti bidang pendidikan Pengembangan aplikasi teknologi di bidang pendidikan dapat di gunakan sebagai media pembelajaran pengenalan hewan bagi anak – anak sehingga anak – anak tidak cepat merasa jenuh pada saat belajar.

Jenis media pembelajaran yang akan dikembangkan berupa buku berbasis Augmented Reality dimana pada beberapa halaman buku terdapat marker yang nantinya marker itu akan menampilkan model – model tiga dimensi saat aplikasi dijalankan.

Penulisan ini akan membahas mengenai perancangan, pengolahan obyek-obyek tiga dimensi serta pengembangan aplikasi berbasis AR menggunakan software library FlarToolkit. Penulisan ini juga akan membahas uji coba dari system yang telah dibuat oleh penulis.

Kata kunci : Augmented Reality, Pengenalan Hewan, Marker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s