Sistem Informasi Konsultasi Kesehatan Online Dengan MySQL Di Balai Pengobatan Azzainiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo


SISTEM INFORMASI KONSULTASI KESEHATAN ONLINE DENGAN MySQL DI BALAI PENGOBATAN AZZAINIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Mahfud Syamsed Hadi, Abdul Karim, Yayat Hidayat

Jurusan Teknik Informatika – STT Nurul Jadid Paiton

jam_bore@rocketmail.com

ABSTRAK

Selama ini semua proses pelayanan di BPA Nurul Jadid Paiton Probolinggo masih bersifat konvensional, dengan kata lain proses interaksi antara dokter dengan pasien hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara dokter dengan pasien di BPA. Jika pertemuan antara dokter dengan pasien tidak terjadi, maka tidak akan ada interaksi. Berbagai konsep dan teknik baru dalam pelayanan telah banyak dikembangkan untuk menggantikan metode tradisional. Salah satu metode pelayanan yang sedang berkembang dimasa sekarang ialah pemanfaatan internet. hal ini dapat memaksimalkan waktu pelayanan yang terbatas. Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi dan interview atau wawancara dengan topik yang akan konsultasikan. Untuk merancang aplikasi ini digunakan metode perancangan struktural yaitu pembuatan Entity Relationship (ER) dan pembuatan Data Flow Diagram (DFD) untuk merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak berdasarkan aliran data.

Dengan adanya Konsultasi online ini dapat membantu proses pelayanan agar lebih optimal. Memudahkan para dokter untuk dapat memberikan pelayanan pada para pasien di BPA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Sistem Informasi Konsultasi Kesehatan Online di BPA Nurul Jadid merupakan sistem yang dirancang untuk peningkatan pelayanan serta memberikan kemudahan, memperluas informasi tentang BPA Nurul Jadid kepada public.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Konsultasi Kesehatan, Online

Tinggalkan komentar